Tips Penting Membeli Motor Bekas/ Second Lengkap Terbaru 2016

Tips Penting Membeli Motor Bekas/ Second Lengkap Terbaru 2016

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2016 penjualan kendaraan bermotor meningkat baik mobil maupun sepeda motor. Tak sedikit juga yang membeli motor bekas untuk mudik. Begitu banyaknya pilihan motor bekas yang di jual di showroom maupun toko jual beli online seperti Olx dan FJB Kaskus.

Penyebab Umum Motor Macet Di Jalan dan Cara Memperbaikinya 2016

Penyebab Umum Motor Macet Di Jalan dan Cara Memperbaikinya 2016
Mudik lebaran 2016 sebentar lagi, bagi pemotor macet di jalan tentu adalah hall yang menjengkelkan. Bagi orang awam dan tidak mengerti masalah mesin sepeda motor tentu merasa bingung dan panik ketika tiba-tiba kendaraannya mogok di jalan atau mati saat perjalanan. Memang kejadian seperti ini membuat pemilik menjadi bertambah emosi apalagi saat dirinya sedang terburu-buru karena ada urusan yang penting. Meskipun jarang terjadi namun mesin motor bisa saja mengalami mogok dan biasanya hal tersebut bisa terjadi karena ada kerusakan atau masalah kecil pada bagian mesin.

Baca Juga: 10 Tips Ringan Merawat Motor yang Sering Dilupakan 2016

Setidaknya penyebab mesin sepeda motor mogok ada tiga jenis yaitu karena bahan bakar dalam tangki habis sehingga secara otomatis motor pun sudah tidak mau digunakan. Penyebab kedua adalah tidak ada pengapian dan biasanya diakibatkan oleh busi yang dalam kondisi aus, ketiga yaitu tidak ada kompresi karena mesin mengalami masalah dan jalan satu-satunya adalah harus dibawa ke bengkel.

Tata Cara Mudah Mengatasi Sepeda Motor Mogok Terbaru 2016
1. Busi Kotor atau Aus
Kondisi busi yang bermasalah merupakan penyebab paling sering dari mogoknya sepeda motor. Hal ini terjadi karena komponen logam di dalam busi tidak sensitif lagi untuk mengubah arus listrik menjadi titik api. Akibatnya mesin susah dinyalakan, mesin mati mendadak, atau mesin mengeluarkan suara brebet. Untuk mengatasinya, lepas busi dari dudukan dan bersihkan memakai kain lap apabila kondisinya tampak kotor. Sedangkan jika busi tersebut terlihat aus dan menghitam, segera gantilah dengan busi yang baru.

2. Koil Loyo
Pada sepeda motor, koil berguna untuk meningkatkan tegangan listrik dari aki ke ruang pembakaran. Dengan demikian, listrik tersebut mampu mendongkrak energi yang dibutuhkan oleh busi untuk menciptakan percikan api sehingga proses pembakaran bisa berjalan sempurna. Koil yang bermasalah umumnya ditandai dengan sulitnya mesin dihidupkan dan tersendatnya kinerja mesin tanpa adanya suara ledakan dari knalpot. Sebelum memutuskan untuk menggantinya, periksa terlebih dulu kondisi koil pada sepeda motor anda. Caranya, tempelkan kabel koil ke badan mesin, lalu nyalakan mesin dengan men-starter-nya. Kemudian ulangi pengecekan dengan memasang busi, jika tidak timbul percikan api, ini tandanya performa koil tersebut sudah loyo.

3. CDI Bermasalah
CDI (Capasitor Discharge Ignition) bertugas mengatur waktu pengapian pada proses pembakaran di ruang bakar. Apabila komponen ini bermasalah, akibatnya proses pembakaran di kendaraan anda tidak sempurna. Solusinya, bawalah sepeda motor anda ke bengkel karena memperbaiki CDI yang bermasalah itu sangat rumit.

4. Rumah kontak 
Peranti ini bakal mengakibatkan hilangnya pengapian apabila soket terlepas atau terdapat material yg aus. Buat memeriksanya pakai tes pen, & tukar jikalau mengalami kerusakan. 

5. Sepul 
Jikalau semua komponen tersebut tetap dalam kondisi baik, tetapi motor masihlah mogok, bisa jadi kerusakan terjadi pada sepul. Ciri-ciri sepul rusak yaitu terdapat bekas gosong pada komponen tersebut. Jikalau kamu mendapati ciri tersebut, gantilah sepul motor dgn yg baru.

Sekian update informasi kali ini semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi anda semua. Salam..