Tips Modifikasi Motor Mudik/ Touring yang Nyaman, Aman, Keren 2016

Tips Modifikasi Motor Nyaman, Aman, Keren untuk Mudik/ Touring 2016

Hari Raya Idul Fitri dan Lebaran tahun 2016 sudah dekat, tentu sobat sudah memikirkan bagaimana kalau mudik nanti naik sepeda motor kesayangan sobat ke kampung halaman. Tentu berbagai persiapan mungkin sudah anda lakukan dari sekarang, segala sesuatu yang perlu sobat siapkan sebelum perjalanan Mudik Lebaran anda dimulai.

Nah yang namanya mudik, biasanya bawaannya banyak. Karena selain pakaian untuk keluarga dalam beberapa hari, mungkin juga oleh-oleh yang kadang cukup banyak. Memang jika memiliki tas yang cukup besar bisa dibawa, baik oleh pembonceng maupun oleh rider. Akan tetapi cara ini sangat tidak nyaman untuk perjalanan jauh, karena melelahkan pembonceng dan mengurangi fleksibilitas pengendalian rider.

Untuk menghindari kelelahan dan berkurangnya pengendalian, karena membawa barang yang banyak, maka perlu dipasang (modifikasi) pada motor agar mampu mengangkut barang banyak tanpa mengganggu rider maupun  pembonceng.

Memasang aksesori tambahan atau sekadar memodifikasi kendaraan untuk dipakai mudik sebenarnya sah-sah saja. Namun, jangan terlalu berlebihan dan mengurangi fungsi berkendara dan kenyamanan penumpang.

Bagi yang punya duit mungkin bisa memasang box di kiri-kanan dan belakang, seperti gambar dibawah ini…
Memasang aksesori tambahan atau sekadar memodifikasi kendaraan untuk dipakai mudik sebenarnya sah-sah saja. Namun, jangan terlalu berlebihan dan mengurangi fungsi berkendara dan kenyamanan penumpang.

Bagi yang berkantong cekak, apalagi anggaran memang dipusatkan untuk banyak kebutuhan lainnya, maka modif murah meriah bisa dilakukan dengan menambah kayu di belakang.

Lebih amannya adalah selain menggunakan 2 batang kayu sebagai perpanjangan holder (besi bagian belakang yang biasa buat ngangkat motor), juga menambah 2 batang kayu penahan yang dihubungkan ke footstep belakang.
Gambar Modifikasi Motor Touring/ Mudik
Mungkin ada yang menduga, bahwa motor akan lebih berat belakang, akan tetapi kenyataanya tidak demikian, jika satu tas yang sama bobotnya diletakkan di dek depan rider. Yang ane rasakan selama mudik Malang-Jakarta, nggak ada masalah sama sekali, yang jadi masalah adalah tarikan awal rada lemot. Bagi yang kebetulan sebelum mudik , dan akan ganti sproket, mungkin bisa ganti yang rasionya agak ringan, dengan menurunkan mata gir depan (satu buah) atau menaikkan mata gir belakang (dua buah). Karena supra merupakan motor sejuta umat, maka silahkan datangi toko variasi, sepertinya mudah untuk mendapatka rasio tersebut.
Gambar Modifikasi Motor Touring/ Mudik
Gambar Modifikasi Motor Sport Touring/ Mudik
Langkah- Langkah Modifikasi Motor Touring untuk Mudik:
Touring adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Hal ini karena aktivitas touring memungkinkan para pengguna motor untuk bisa menjelajahi berbagai daerah secara detail disertai dengan seluk beluknya tergantung daerah mana yang akan sobat tuju baik perkotaan ataupun pedalaman. Berbicara mengenai touring, satu hal yang tentu harus dilakukan sebelum touring adalah mempersiapkan modifikasi motor touring. Mengapa? karena tak semua motor bisa melewati berbagai medan touring yang terkadang cukup menyulitkan pengendara.

Berbicara mengenai modifikasi motor touring, ada beberapa hal yang harus sobat ketahui sebelum melakukan modifikasi motor touring sobat.
Gambar Modifikasi Motor Touring/ Mudik
Langkah pertama dalam modifikasi motor touring adalah dengan mengganti ban motor sobat. Hal ini karena ban atau roda motor memiliki peran penting selama sobat melakukan perjalanan touring. Gantilah roda motor dengan roda yang memiliki ukuran lebih besar. Ini bertujuan agar motor sobat bisa untuk digunakan melalui berbagai medan baik medan yang sulit ataupun mudah. Adapun langkah kedua dalam modifikasi motor touring adalah mengganti velg racing ataupun velg yang memiliki kerangka kuat. Untuk mengimbangi roda motor yang besar, velg yang besar serta kuat pun mau tak mau juga harus disesuaikan agar bagian bawah motor sobat bisa lebih kokoh dan tangguh.
Gambar Modifikasi Motor Touring/ Mudik
Untuk langkah ketiga dalam modifikasi motor touring yakni dengan melakukan penambahan busa pada jok motor. Sobat bisa menambah atau mengganti jok dengan alfamarket seat nyaman untuk jok. Sobat pasti tahu bahwa kegiatan touring bukanlah sebuah kegiatan yang menempuh perjalanan singkat. Biasanya, touring baik yang dilakukan oleh individu atau kelompok menempuh perjalanan yang cukup jauh. Oleh karena itu, kenyamanan dalam berkendara menjadi prioritas yang harus selalu diutamakan. Bayangkan bila ternyata jok motor sobat tidak melalui proses modifikasi motor touring yang benar. Pasti dalam jarak yang dekat pun sobat akan cepat merasa lelah.
Gambar Modifikasi Motor Matic Touring/ Mudik

Langkah selanjutnya dalam modifikasi motor touring yakni menambahkan windshield. Windshield biasanya diaplikasikan pada bagian atas motor untuk melindungi sobat dari angin selama perjalanan. Selain membuat nyaman, angin kencang sekalipun tidak akan menganggu perjalanan sobat selama touring. Untuk langkah yang terakhir dalam modifikasi motor touring adalah dengan menambahkan berbagai aksesoris tambahan seperti top box ataupun side box.

Kedua kotak ini tentu bermanfaat untuk menyimpan segala barang yang penting dibawa selama perjalanan mulai dari mantel, toolkit, hingga barang lain yang mendukung touring. Itulah beberapa langkah modifikasi motor touring yang bisa sobat lakukan. Dengan melakukan langkah tersebut, keselamatan dan kenyamanan selama melakukan touring pun bisa terjamin. Semoga bermanfaat.
Gambar Modifikasi Motor Touring/ Mudik
Foto Modifikasi Motor Bebek Touring/ Mudik
Tips Panduan Lengkap Mudik Lebaran dengan Sepeda Motor 
Berikut ini tips mudik lebaran menggunakan sepeda motor dengan asyik dan aman:

Komunikasi :
  1. Cukupkan Pulsa
  2. Siapkan Handphone beserta chargernya, sebaiknya siapkan batrai cadangan
  3. Siapkan nomor-nomor kontak yang penting di buku catatan dan di handphone
  4. Siapkan laptop, iPad dan sejenisnya
  5. Siapkan modem beserta kartunya dan cukupkan pulsanya.
Administrasi :
  1. Siapkan KTP atau identitas pribadi
  2. Siapkan SIM & STNK

Dokumentasi & Hiburan:
  1. Bawa Kamera
  2. Bawa audio player dan kumpulan file-file favorite, agar saat istirahat dijalan tidak membosankan.

Finance / Keuangan:
  1. Siapkan Kartu ATM
  2. Siapkan Dana / Uang Cash

Kesiapan Kendaraan / Sepeda Motor :
  1. Lakukan service kendaraan secara menyeluruh
  2. Siapkan kunci & alat penting seperti : obeng, kunci busi, pisau, gunting, tali
  3. Siapkan cadangan busi, lampu depan, ban dalam, oli
  4. Siapkan jas hujan (rain coat)

Perbekalan Makanan :
  1. Siapkan bekal minum air putih, minuman berenergi
  2. Siapkan makanan perbekalan

P3K & Kesehatan
  1. Siapkan antiseptic, obat merah
  2. Siapkan perban, plester
  3. Siapkan obat sakit kepala, multivitamin dan makanan kesehatan

Pakaian :
  1. Gunakan jaket tebal atau gunakan pelindung angin
  2. Gunakan sarung tangan yang nyaman
  3. Gunakan masker
  4. Gunakan helm berkaca bening untuk malam
  5. Gunakan sepatu
  6. Gunakan pakaian yang sesuai, hindari pakaian dengan model mudah tersangkut.

Barang-barang & Muatan :
  1. Packing barang yang benar, kompak dan simple, atur agar barang yang akan digunakan di jalan supaya ditempatkan ditempat yang mudah di buka.
  2. Perhatikan muatan orang khususnya anak kecil, siapkan peralatan pengamanan termasuk helm kecil, alat mengais, jangan sampai keamanannya terabaikan. Anak kecil mudah mengantuk saat diperjalanan.
  3. Atur muatan agar seimbang antara bobot depan dan belakang, jangan sampai terlalu memberatkan salah satu sisi.

Persiapan Berangkat :
  1. Pastikan kondisi tubuh fit, cukup tidur, dan segar
  2. Periksa kembali hal-hal penting seperti fungsi rem depan dan belakang, lampu sen, lampu depan, tekanan ban saat mau berangkat.
  3. Periksa ulang barang bawaan

Keberangkatan :
  1. Sebaiknya mudik lebaran bersama kelompok paling tidak 2 atau lebih teman atau saudara agar mudah berkoordinasi saat diperjalanan.
  2. Atur waktu keberangkatan yang sesuai untuk menghindari kemacetan yang luar biasa, pantau informasi mudik dan dapatkan info posko mudik.
  3. Kontak saudara di kampung bahwa anda sudah mulai berangkat, sampaikan rute yang diambil dan bersama siapa anda berangkat.
  4. Bila perlu update status di jejaring sosial bahwa anda sudah berangkat mudik

Selama Di Perjalanan :
  1. Istirahatlah sekali-kali apalagi jika mengantuk dan lelah
  2. Lakukan komunikasi baik melalui HP (SMS, FB, Twitter dan sebagainya) selagi istirahat untuk mendapatkan update informasi. Bagi yang membawa laptop atau iPad anda bisa bisa lebih leluasa mencari update informasi dari portal-portal berita

Pantangan :
  1. Jangan Begadang Sebelum Mudik
  2. Sebaiknya oleh-oleh bawa secukupnya saja, tidak membebani.
  3. Jangan paksakan mengendarai kendaraan jika mengantuk berat
  4. Jangan membuka handphone selama mengendarai kendaraan
  5. Jangan mendengarkan musik terlalu keras selama mengendarai kendaraan
  6. Jangan meminum kopi berlebihan
  7. Jangan memakan makanan gorengan dan lauk atau daging berlebihan karena akan menyebabkan mengantuk berat
  8. Diusahakan jangan menyalip dari kiri apalagi ngebut.

Sampai Di Tempat Tujuan:
  1. Baca alhamdulillaah sebagai rasa syukur anda selamat
  2. Ucapkan salam kepada orang yang dijumpai
  3. Mandi dan beristirahatlah  secukupnya hingga badan terasa segar dan pulih
*** Diolah dari berbagai sumber.

Sekian update informasi kali ini seputar Tips dan Trik Modifikasi Motor untuk Mudik. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi sobat semua. Salam.

0 comments:

Post a Comment